Rumus Membaca Cepat



Halo, sobat-sobatku apa kabar semuanya?..."semoga kalian sehat selalu. Kali ini saya posting artikel tentang "Rumus Membaca Cepat", mungkin diantara kalian sudah mengerti atau paham dengan materi ini, karena sudah mempelajarinya di SMP & SMA, atau bahkan di SD sudah mulai mempelajarinya. Tetapi untuk teman-teman  yang sudah lupa dengan materi ini, karena terlalu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Tenang, kita akan membahasnya lagi disini.



Untuk mengulas materi ini, ayo!!! langsung saja kita bahas materi kita kali ini,
Inti dalam membaca cepat, yaitu Menemukan gagasan utama dari suatu bacaan dengan membaca cepat dan mengungkapkan serta membahasnya. Setiap orang mempunyai kecepatan dan kecerdasan yang berbeda-beda. 

Adakalanya mempunyai kecepatan membaca 150kpm (kata per menit). Ada juga yang 200-500 kpm. Semua itu dengan pemahaman 70%. Untuk menghitung kecepatan seseorang dalam membaca gunakan rumus dasar di bawah ini!

jumlah kata yang dibaca/jumlah detik yang dibaca x 60 = jumlah kpm
Misalnya: anda membaca 1.600 kata. Waktu yang digunakan 200 detik, maka kecepatannya
1600/200 x 60 = 8 x 60 = 480 kpm.

Untuk menghitung jumlah kata dalam bacaan caranya hitunglah jumlah kata dalam lima baris. Jumlah kata dibagi lima. Hasilnya adalah rata-rata per baris. Kemudian hitunglah jumlah baris yang and abaca dan kalikan rata-rata. 
Misalnya:
Jumlah kata per baris rata-rata 10
Jumlah baris yang dibaca 60
Jumlah kata yang dibaca: 10 x 60 = 600 kata


Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat-sobatku.
Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel yang lain.

Terima kasih.

1 komentar:

Tahnk's Visit in myblog...

Reply

Poskan Komentar